Iklan

Senin, 06 Desember 2010

Faedah do 'a akhir tahun

Di riwayatkan pada hari di akhir bulan dzulhijjah bertepatan dengan pergantian tahun menurut penanggalan Hijriah. Para iblis dan syaithan murka dan bersedih hati. Mereka berkata " kesusahanlah bagiku dan sia-sialah pekerjaanku menggoda anak Adam pada setahun ini maka dibinasakan dengan satu saat dengan sebab membaca do'a-do'a ini".

Lalu do'a apakah yang dimaksud oleh iblis yang mampu membinasakan dosa-dosa yang telah diperbuat manusia dalam satu tahun yang telah lampau itu, apakah benar demikian??

Itulah faedah atau manfaat dari membaca do'a akhir tahun. Begitu besar keutamaan do'a itu sehingga para iblis dan syaithon merasa pekerjaan dalam menggoda umat manusia selama ini menjadi sia-sia dan tak berarti.

Dilihat secara gamplang,kebenaran riwayat ini sangatlah mutlak, Allah yang sejatinya dzat yang maha pemurah dan pengampun akan memberikan maaf bagi siapapun hambanya yang mau bertobat dan meminta ampun darinya. Dalam momen akhir tahun ini, manusia diajak untuk menyeleksi diri, dosa-dosa apa saja yang telah diperbuat selama satu tahun, seberapa patuhkah menjalankan perintah dari Allah dan menjauhi segala larangan dari-Nya.

Mungkin tanpa niat yang ikhlas dan kesungguhan hati untuk benar-benar menjadi manusia yang di Ridloi Allah swt, jangankan sebuah Do'a, besedekah, sholat, haji dan beramal baik apapun tak kan mengurangi atau menghapus Dosa melainkan sebuah pekerjaan yang sia-sia bahkan di murkai oleh Allah.

Dalam tulisan ini, sengaja saya tidak menyertakan isi Do'a akhir tahun. Do'a itu bisa kalian dapatkan dengan mudah, bahkan di kitab kecil yasin dan tahlil pun biasanya disertakan pula do'a ini beserta tata cara dan keutamaan waktu pelaksanaannya.

Semoga Allah selalu menuntun dan menjaga kita, di ampuni segala dosa yang Telah lalu. Amin.

1 komentar: